lamaan

Februari 25, 2011

Macam - Macam Lengan

Lengan merupakan salah satu bagian dari busana, yang dapat berfungsi untuk pelindung tubuh dari cuaca baik panas maupun dingin, penutup tubuh, bisa juga untuk menutupi kekurangan bentuk tubuh. Dengan legan maka busana tersebut akan nampak terlihat menarik dan menambah keindahan ketika digunakan. Sedangkan menurut panjangnya dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu; lengan panjang, tiga perempat dan lengan pendek. Lalu mengenai bentuknya ada bermacam - macam seperti contoh dibawah ini ;
1. Lengan Kimono, merupakan bentuk lengan pada bagian ujungnya membesar dan lengan ini berasal dari jepang. Saat ini lengan tersebut dapat dikombinasikan dengan berbagai macam model busana.



2. Lengan Licin, lengan ini adalah bentuk lengan yang paling sederhana dan klasik tanpa kerut pada bagian bahu atas. Sering kali digunakan untuk busana kantoran, seragam atau pakaian santai. 



3. Lengan Puff, adalah lengan berkerut pada bagian bahu atau bagian legan bawahnya. Biasa digunakan pada busana anak, tidak menutup kemungkinan juga busana dewasa tetap menggunakannya.



4. Lengan Reglan, lengan ini mempunyai garis lengan garis kerung leher dan garis tersebut merupakan ciri khas dari lengan ini. Sering digunakan pada kaos, busana olah raga, dll karena memiliki bentuk yang casual.


5. Lengan Lonceng, lengan pada bagian bawah mengembang atau membesar merupakan pengembangan dari lengan licin. Dapat digunakan pada busana kebaya, busana santai, busana muslim dll.



6. Lengan Dolman, mempunyai kerung lengan agak dalam dan longgar. Biasa dipakai untuk busana santai dan berbahan melangsai agar bentuknya terlihat.



7. Lengan Cape, lengan ini mempunyai bentuk setengah lingkaran, dipasang tanpa kerut dibadian kerung lengannya.



8. Lengan Peasant, lengan panjang tiga perempat penuh dengan kerutan pada bagian bahu dan lengan bagian bawah.



Dilihat dari contoh - contoh diatas memang saat ini lengan sangat bervariasi modelnya yang dapat dikembangkan lagi menjadi model yang baru. Tapi mungkin saatnya anda dapat berkreasi sendiri yang mungkin hasilnya nanti siapa tahu banyak diminati oleh orang lain. 



1 komentar: