lamaan

Januari 29, 2011

Tips Menyetrika Pakaian

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyetrika, meskipun dinilai hal yang sepele namun dalam pengerjaannya membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan agar terhindar dari kecelakaan kerja. 
Berikut ada beberapa cara menyetrika pakaian yaitu;
- Mengetahui asal bahan atau sifat kain, apakah bahan tersebut tebal atau tipis, tahan panas atau tidak.
- Setrikalah dahulu bagian dalam pakain yaitu kampuh, bagian lapisan dan kalau ada kantong sebaiknya  didahulukan. Dilanjutkan dengan bagian luar pakaian.
- Untuk mempermudah dan mempercepat menyetrika pakaian dapat menggunakan cairan pelicin, selain pakaian tidak kusut, pakaian menjadi harum.
- Bahan kaos yang ada sablonannya hendaknya di setrika pada bagian dalam, agar sablon tidak lengket atau rusak ketika menempel disetrika.
- Setrikalah pakaian anda sesuai aturan yang tertera pada label (bila ada).
- Pakaian yang terbuat dari bahan katun sebelum disetrika, sebaiknya semprotkan air sedikit lalu dilipat atau digulung + 10 menit baru disetrika.


Untuk pakaian wanita pada bagian lengan jangan ditindas dengan serika agar tetap licin. Akan tetapi untuk kemeja dapat ditindas pada bagian lengannya. Pakaian yang sudah disetrika dapat dilipat atau digantung. Apabila mempunyai tempat yang cukup, sebaiknya digantung agar tidak ada bekas lipatan kecuali untuk pakaian dalam, cukup dengan dilipat saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar